Home » » Manusia Sebagai Makhluk Beradab dan Masyarakat Adab

Manusia Sebagai Makhluk Beradab dan Masyarakat Adab

Manusia adalah Makhluk yang beradab sehingga mampu menciptakan peradaban. Peradaban sebagai produk yang bernilai tinggi. halis, indah, dan maju menunjukkan bahwa manusia adalah makhluk yang memiliki kecerdasan yang tidak dimiliki makhluk lainnya. Akan tetapi yang perlu diingat adalah bahwa peradaban tidak hanya merujuk pada hasil-hasil kebudayaan manusia yang sifatnya fisik, seperti barang, bangunan, benda-benda, tetapi juga menunjuk pada wujud gagasan, ide, dan perilaku manusia yang tinggi, halus, dan maju.

Manusia sebagai makhluk beradab juga memiliki pengertian bahwa  pribadi manusia itu memiliki potensi untuk berlaku sopan, berakhlak, dan berbudi pekerti luhur. Manusia yang beradab mampu menyeimbangkan antara cipta, rasa, dan karsa untuk berbuat suatu kebaikan. Sebaliknya, manusia yang tidak beradab adalah orang yang perilakunya tidak sopan, tidak berakhlak, dan tidak memiliki budi pekerti luhur. Artinya, jika manusia tidak mampu menyeimbangkan antara cipta, rasa, dan karsa, maka manusia bisa jatuh dalam perilaku kebiadaban, karena cenderung akan berbuat tidak sopan, kasar, dan lain sebagainya.

Manusia selain makhluk individu juga di sebut sebagai makhuk sosial, manusia membentuk persekutuan hidup, yaitu masyarakat. Manusia beradab pasti berkeinginan untuk membentuk masyarakat beradab, yang sekarang populer disebut dengan "masyarakat madani atau masyarakat sipil (civil society)", atau masyarakat yang beradab. Artinya masyarakat yang beradab adalah individu yang selalu mentaati seluruh aturan/norma yang ada sehingga tercipta masyarakat yang adil makmur, tentram, dan teratur.

Masyarakat adab pada dasarnya merupakan keinginan yang tulus dari manusia sebagai makhluk beradab. Di indonesia masyarakat adab populer disebut dengan masyarakat madani. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia/KBBI (2008), Masyarakat madani adalah" Masyarakat yang manunjang tinggi norma, nilai-nilai, dan hukum yang ditopang oleh penguasa teknologi yang beradab, iman dan ilmu". 

Masyarakat madani merupakan konsep yang dibentuk dari proses sejarah yang panjang dan memerlukan konsep yang dibentuk dari proses sejarah yang panjang dan memerlukan perjuangan yang terus menerus. Apabila dikaji masyarakat dinegara-negara maju yang sudah dikatakan sebagai masyarakat madani, mereka sudah memenuhi hal seperti berikut:
  1. Terpenuhinya kebutuhan dasar individu, keluarga, kelompok dalam masyarakat.
  2. Berkembangnya modal manusia (human capital) yang kodusif bagi terbentuknya kemampuan melaksanakan tugas-tugas kehidupan dan terjalinnya kepercayaan dan relasi sosial antar kelompok.
  3. Tidak adanya diskriminasi dalam berbagai bidang pembangunan.
  4. Adanya hak, kemampuan, dan kesempatan bagi masyarakat serta lembaga-lembaga swadaya untuk terlibat dalam berbagai forum dimana isu-isu kepentingan bersama kewajiban publik dapat dikembangkan.
  5. Saling menghargai perbedaan antar budaya dan memiliki rasa saling percaya.
  6. Sistem pemerintahan yang memungkinkan lembaga-lembaga ekonomi, hukum dan sosial berjalan secara produktif dan berkeadilan sosial.
 Bagaimana dengan masyarakat indonesia? untuk menuju masyarakat madani, maka sudah menjadi kewajiban seluruh masyarakat indonesia untuk ikut serta ambil peran dalam usaha bersama bangsa untuk mewujudkan masyarakat berperadaban/masyarakat madani. karena terbentuknya masyarakat madani adalah bagian mutlah dari wujud cita-cita kenegaraan, yaitu mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia. Demikian artikel Manusia Sebagai Makhluk Beradab Dan Masyarakat Adab tentang semoga bermanfaat.