Home » » Pengertian dan Fungsi Jarigan Xilem dan Floem

Pengertian dan Fungsi Jarigan Xilem dan Floem

  1. Pada tumbuah berpembuluh, pengengkut air dan garam mineral serta hasil fotosintesis dilakukan oleh jaringan pembuluh. Jaringan pembuluh terdiri dari dua kelompok sel yaitu Xilem dan Floem. . Xilem, adalah merupakan jaringan yang berfungsi mengangkut air tanah serta zat yang terlarut didalamnya  dari akar sampai kedaun. 
  2. Floem, adalah merupakan jaringan yang berfungsi mengangkut zat makanan hasil fotosintesis dari daun keseluruh tubuh tumbuhan.  

Kelompok sel xilem dan kelompok sel floem membentuk berkas yang sejajar dengan sumbu organ tumbuhan. Pada batang, berkas xilem umumnya bergabung dengan berkas floem dalam satu ikatan berkas pembuluh.
1. Xilem 
Xilem berfungsi ,emyalurkan air dan mineral dari akar ke daun. Jaringan utama penyusun xilem adalah trakea ( unsur pembuluh) dan trakeid. Kedua macam sel tersebut merupakan sel mati, tidak mengandung sitoplasma dan inti hanya tinggal dinding selnya. Ujung dinding sel antara sel-sel yang berdekatan menghilang sehingga membentuk tabung-tabung berlubang dari akar-batang-daun.

Trakea terdiri dari tabung-tabung berdinding tebal karena adanya lapisan selulosa dan lignin. trakea hanya terdapat pada tumbuhan biji tertutup (Angiospermae) dan tidak terdapat pada tumbuhan biji terbuka (Gymnospermae), kecuali pada anggota golongan melinjo. trakeid berupa sel runcing panjang dan ujung selnya berlubang seperti saringan.

2. Floem
Floem berfungsi mengangkut hasil fotosintesis dari daun kebagian lain tumbuhan. pada tumbuhan dikotil, floem terletak disebelah luar xilem. Jaringan floem terdiri dari dua tipe sel, yaitu tabung tapis dan sel pengiring. Tabung tipis merupakan sel hidup berbentuk silinder (seperti tabung); yang mengandung sitoplasma tetapi tidak memiliki inti. Dinding sel tabung tapis tidak mempunyai penebalan oleh lignin. Ujung-ujung selnya saling menyambung. Dinding sel pada ujung sel yang saling menyambung pempunayi banyak lubang seperti saringan (tapis) sehingga disebut tabung tapis.

Lubang-lubang tersebut memungkinkan bahan-bahan terlarut mengalir dari satu del kesel lainnya; sehingga dapat diangkut dari satu bagian ke bagian lain pada tumbuhan sel pengiring terrdapat disamping setiap tabung tapis. sel pengiring membantu aktivitas tabung tapis.

 Demikian artikel tentang Pengertian dan Fungsi Jaringan Xilem dan Floem, semoga bermanfaat.