Home » » Globalisasi dan pengaruhnya bagi kesejahtraan masyarakat

Globalisasi dan pengaruhnya bagi kesejahtraan masyarakat

HAKIKAT GLOBALISASI

Konsep globalisasi, saat ini telah menjadi mode dalam kajian-kajian ilmu sosial. Istilah globalisasi menjadi kata yang paling sering di sebut, baik di kalangan akademisi, pejabat pemerintah, pebisnis, media, bahkan di kalangan petani skalipun. sebagai siswa, kamu juga perlu tahu apa yang di maksud dengan globalisasi itu. istilah globalisasi berasal dari kata "global" yang artinya dunia, atau "globe" yang artinya bola dunia. jadi secara harfiah globalisasi dapat diartikan proses mendunia. Globalisasi merupakan era yang seolah-olah tanpa jarak dan ruang, seperti kalau kamu melihat globe.

Berikut disajikan sebuah wacana tentang pengaruh globalisasi bagi kesejahtraan masyarakat dunia.

PENGARUH GLOBALISASI

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa seiring globalisasi tingkat pendapatan masyarakat di negara-negara berkembang mengalami penurunan lebih rendah di bandingkan era tahun1970-an tercatat 1,2 milyar penduduk dunia hidup dengan kurang dari 2 dollar AS setiap harinya dan ini merupakan 45% dari jumlah penduduk dunia. Tantangan yang kita hadapi sekarang  ini adalah semakin meningkatnya kemiskinan dunia.
Untuk itu, PBB telah mencanangkan MDGs, yaitu tujuan pembangunan abad milenium (millenium development Goals), yang harus dicapai oleh 191 negara anggotanya pada 2015. Ada 8 target yang harus di capaiberikut ini.
1. Meniadakan kemiskinan dan kelaparan ekstrem.
2. Mencapai pendidikan dasar secara universal.
3. Meningkatkan kesetaraan gender dan pemberdayaan wanita.
4. Mengurangi tingkat kematian anak
5. Memperbaiki kesehatan ibu.
6. Memerangi HIV/AIDS, malaria, dan penyakit-penyakit lainnya
7. Menjamin kelestarian lingkungan.
8. Membentuk sebuah kerjasama global untuk pembangunan.
Saat deklarasi MDGs diluncurkan tahun 2000, jumlah penduduk Miskin di indonesia mencapai 19% (37,3 juta). Pada tahun 2001 menurun menjadi 37,1 juta, dan pada tahun 2004 turun lagi menjadi 36,1 jiwa (16,6%).


Demikian teman-teman artikelku, semoga bermanfaat bagi teman-teman, kritik dan saran di terima, terimakasih.