Home » » Sifat Dasar Sosiologi

Sifat Dasar Sosiologi

"Sosiologi" berasal dari kata latin "socios" yang berarti "kawan" dan kata yunani "logos" yang berarti "kata atau "berbicara". Jadi, sosiologi artinya "berbicara mengenai masyarakat". Sosiologi lahir ketika karya Comte yang berjudul Course of Positive Philosophy terbit pada tahun 1842. Kemudian pada tahun 1874 di Inggris Herbert Spencer menerbitkan karyanya yang berjudul principles sociology. Dalam bukunya tersebut, spencer mengembangkan sistem penelitian masyarakat, dan istila sosiologi pun semakin populer dan berkembang pada abad 20 terutama di Prancis, Jerman, dan Amerika Serikat.


Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan, memiliki sifat dasar, yaitu sebagai berikut.

  1. Sosiologi adalah suatau ilmu sosial dan bukan merupakan ilmu pengetahuan alam ataupun ilmu pengetahuan kerohanian.
  2. Sosiologi bukan merupakan ilmu yang normatif, melainkan ilmu yang kategoris, artinya membatasi diri dari pada kejadian dewasa ini, bukan pada apa yang terjadi atau seharusnya terjadi. Dengan demikian, sosiologi merupakan ilmu yang bebas nilai, karena menilai apa yang baik dan apa yang buruk.
  3. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang murni (pure science) dan bukan merupakan ilmu pengetahuan terapan atau terpakai (apllied science). Ilmu pengetahuan murni merupakan pencarian akan adanya pengetahuan, sedangkan penggunaan praktisnya tidak diutamakan. Sebaliknya pengetahuan terapan, adalah pencarian metode-metode untuk mempergunakan pengetahuan ilmiah guna memecahkan pengetahuan praktis.
  4. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang abstrak, bukan ilmu bukan ilmu pengetahuan konkret, artinya dalam sosiologi yang diperlihatkan adalah bentuk dan pola-pola peristiwa dalam masyarakat.
  5. Sosiologi bertujuan menghasilkan pengertian-pengertian dan pola-pola umum interaksi antar manusia.
  6. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang empiris dan rasional. hal ini menyangkut soal metode yang digunakan.
  7. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang umum dan bukan ilmu khusus. Artinya sosiologi mempelajari gejala umum yang ada pada setiap interaksi antar manusia. Dengan kata lain, lapangan penyelidikan bersifat umum, yakni kehidupan bersama manusia.
 Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa sosiologi adalah ilmu sosial yang mutlak, abstrak, sesuai dengan akal sehat, berdasarkan pengalaman, bersifat umum dan berusaha mencari pengertian umum.