Home » » Penggunaan Sumber-sumber Alam

Penggunaan Sumber-sumber Alam

Manusia memandang alam lingkungan dengan bermacam-macam  kebutuhan dan keinginan. manusia bergulat dan bersaing dengan spesies lainnya dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. dalam hal ini manusia memiliki kemampuan lebih besar dibanding organisme laiinnya, terutama pada penggunaan sumber-sumber alamnya.
Berbagai cara telah dilakukan manusia dalam menggunakan sumber-sumber alam berupa : tanah, air, fauma, flora, bahan-bahan galian, dan sebagainya.


a. Pertanian dan Tanah


Tanah permukaan (top soil) mengandung kadar unsur-unsur bahan makanan yang begitu tinggi dan siap digunakan oleh tanaman. dengan adanya kemajuan dalam bidang pertanian, penggunaan tanah untuk pertanian dapat digunakan secara efisien untuk meningkatkan hasil pertanian. Hasil pertanian tersebut dapat ditingkatkan baik dengan cara memperluas areapertanian maupun dengan meningkatkan hasil tanah pertanian  yang sudah ada. Di beberapa negara yang sedang berkembang seperti Thailand, Burma, Malasyia, Filipina, Indonesia masih ada kemungkinan perluasa  areal pertanian. Tetapi dalam pelaksanaan sangat lambat karena kurangnya modal. Jepang misalnya sudah tidak mungkin memperluas area pertanian, Karena adanya pertambahan penduduk yang pesat, banyak tanah-tanah digunakan untuk perumahan, industri, jalan-jalan, dan sebagainya dari tahun 1020-1960 Jepang telah kehilangan tanah pertanian rata-rata seluas 49.000 acre/tahun. Adapun dalam intensifikasi pertanian, untuk memperoleh hasil yang lebih tinggi dapat ditempuh dengan beberapa cara antara lain, Mengusahakan panenan lebih dari satu kali pertahun, penggunaan pupuk, irigasi, penggunaan pestisida dan bibit unggul, serta mekanisasi alat-alat pertanian. semuanya itu memerlukan modal besar. Adapun panen lebih dari satu kali telah berhasil di Taiwan, Korea, dan Jepang dimana 50%-60% tanah pertanian menghasilkan panen dua kali per tahun. Demikian juga penggunaan pupuk di dunia cenderung meningkat terus.  Eropa barat yang hanya memiliki 6%  dari seluruh pertanian biji-bijian di dunia, telah menggunakan pupuk sebanyak 10 ton pada tahun 1960-1961. Selain itu, hama juga dapat dengan mudah dibasmi dengan insektisida, herbisida, dan pestisida. Sedangkan peranan mekanisasi alat-alat pertanian dapat mempertinggi hasil pertanian. Dengan cara-cara tersebutlah Manusia selangkah demi selangkah memperbaiki cara-cara bertani dan hasil panen untuk memenuhi bahan pangan yang selalu meningkat.


b. Hutan


Kalau kita tinjau dari segi pertanahan hutan, maka hutan dapat di golongkan kedalam dua golongan yaitu :
  1. Hutan pelindung, merupakan hutan yang sengaja diadakan untuk melindungi tanah dari erosi, kehilangan humus, dan air tanah;
  2. Hutan penghasil atau hutan produksi, yaitu hutan yang sengaja ditanami jenis-jenis kayu yang dapat dipungut hasilnya, misalnya hutan pinus, damar dan sebagainya,
c. Air

Air merupakan sumber alam yang terdapat di mana-mana  di Bumi, di sungai, di danau, di lautan, di bawah tanah dan udara sebagai uap air kesemuanya meliputi 4/5 bagian seluruh permukaan bumi. Seyogianya manusia menggunakan  air dengan baik dan berusaha mencegahnya dari pencemaran-pencemaran yang menggangu berjalannya fungsi vital air dalam kehidupan manusia.

d Bahan tambang

Begitu banyak mineral dan bahan tambang lain yang dapat digali dan ditemui serta dimanfaatkan secara seimbang dalam kehidupan manusia. Pemakaian baja du dunia pada tahun 1967 diperkirakan mencapai 144 kilogram per kapita. Di Amerika pada tahun yang sama diperkirakan mencapai 568 kg per kapita. pemakaian ini cenderung akan meningkat terus dan demikian juga dengan bahan tambang lainnya. Oleh karena itu, kita harus menemukan cara untuk menggunakannya setepat dan sehemat mungkin  mangingat bahan tambang adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.


Sebagai pengguna sumber daya alam, tentunya kita tidak boleh agois, dengan hanya mementingkan keperluan pribadi, tampa melihat jangka panjang sumber alam yang ada. Gunakanlah secara bijaksana dengan melihat dari berbagai sisi mangingat ada beberapa seumber alam yang tidak dapat diperbaharu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.