Home » » Konsep Teknologi

Konsep Teknologi

Dalam kepustakaan teknologi terdapat aneka ragam pendapat yang menyatakan bahwa teknologi adalah transformasi (perubahan bentuk) dari alam. Tekhnologi adalah realitas atau kenyataan yang diperoleh dari dunia ide, tekhnologi dalam makna subjektif adalah keseluruhan peralatan dan prosedur yang disempurnakan, sampai kenyataan teknologi adalah segala hal, dan segala hal adalah teknologi.
Istilah "teknologi" berasal dari kata techne dan logia. Kata yunani kuno techne berarti seni kerajinan. Dari techne kemudian lahirlah technikos yaitu seseorang yang memiliki kemampuan tertentu. Dengan berkembangnya keterampilan seseoramg yang menjadi semakintetap karena menunjukkan suatu pola, langkah, dan metode yang pasti, keterampilan itu lalu menjadi teknik.
Sampai pada permulaan abad XX ini, istils teknologi telah dipakai secara umum dan merangkum suatu rangkaian sarana, proses, dan ide disampin alat-alat dan mesin-mesin. perluasan arti itu berjalan terus sehingga sampai pertengahan abad ini muncul perumusan tekhnologi sebagai sarana atau aktivitas yang dengannya manusia berusaha mengubah atau menangani lingkungannya. Ini merupakan suatu pengertian yang sangat luas karena setiap sarana perlengkapan maupun kultural tergolong suatu teknologi.
Teknologi dianggap sebagai penerapan ilmu pengetahuan, dalam pengertian bahwa penerapan itu menuju pada pembuatan atau perwujudan sesuatu. kecenderungan ini pun mempunyai suatu akibat di mana kalau teknologi dianggap sebagai penerapan ilmu pengetahuan, maka dalam perwujudan tersebut dengan sendirinya setiap jenis teknologi/bagian ilmu pengetahuan dapat ada tanpa berpasangan dengan ilmu pengetahuan dan pengetahuan tentang teknologi perlu disertai oleh pengetahuan akan ilmu pengetahuan yang menjadi pasangannya.
Adapun tiga macam teknologi yang sering dikemukakan oleh para ahli, yaitu:

a. Teknologi Moderen

Jenis teknologi moderen ini mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
  1. Padat modal.
  2. Mekanis elektris.
  3. Menggunakan bahan impor.
  4. Berdasarkan penelitian mutakhir, dan lain-lain
b. Teknologi Madya

Jenis teknologi madya ini mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
  1. Padat karya.
  2. Dapat dikerjakan oleh keterampilan setempat.
  3. Menggunakan alat setempat.
  4. Berdasarkan alat penelitian.
c. Teknologi Tradisional

Teknologi ini mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Bersifat padat karya (banyak menyerap tenaga kerja).
  2. Menggunakan keterampilan setempat.
  3. Menggunakan alat setempat.
  4. Menggunakan bahan setempat.
  5. Berdasarkan kebiasaan atau pengamatan.
Demikianlah, teknologi adalah segenap kemampuan manusia menggunakan sumber-sumber daya alam untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapinya dalam kehidupan. secara lebih umum dapatlah bahwa teknologi merupakan suatu sistem penggunaan berbagai sarana yang tersedia untuk mencapai tujuan-tujuan praktis yang ditentukan
  1.