Home » » CARA MEMBUAT JUDUL YANG BAIK DAN BENAR

CARA MEMBUAT JUDUL YANG BAIK DAN BENAR



Judul sama maknanya dengan nama. Ia memiliki makna tertentu. Dengan mengetahui nama , dapat diperkirakan apa yang dibicarakan, Dengan judul "memahami dan menulis wacana" dapat di perkirakan pusat pembicaraan buku itu bagaimana menulis sebuah wacana. Judul lebih banyak diatikan dengan pokok pembicaraan atau pokok pembahasan.
Dalam dunia teoritis judul dibedakan dengan topik. Judul tidak bersinonim dengan topik. tetapi dalam dunia paragmatis, lebih banyak ditemukan judul sama dengan topik.
Dalam penentuan sebuah judul dikenal adanya "judul langsung" dan "judul tak langsung". "judul langsung" merupakan judul yang erat kaitannya dengan bagian utama berita/informasi, sehingga hubungannya dengan bagian utama berita/informasi nampak jelas. sedangkan "judul tak langsung" merupakan judul yang hubungannya tidak langsung dengan bagian utama berita   tetapi tetap menjiwai seluruh isi tulisan.
         Untuk mendapatkan judul yang baik, seorang harus memperhatikan hal berikut :
  1.  Asli. Hendaknya tidak mengugunakan judul yang pernah digunakan oleh orang lain. terpaksa dapat dicarikan persamaannya
  2. Relevsn . setelah menulis, baca ulang karangan anda, lalu carilah judul yang relevan dengan karangan anda (harus mempunyai pertalian dengan temannya, atau ada peralihan dengan beberapa bagian penting dari tema tersebut).
  3. Provokatif. judul tidak boleh terlalu sederhana, sehingga (calon) pembaca sudah dapat menduga isi karangan anda, kalau (calon) pembaca sudah dapat menebak isinya tentu karangan anda sudah tidak menarik lagi.
  4. Singkat. judul tidak boleh bertele-tele, harus singkat dan langsung pada inti yang ingin dibicarakan sehingga maksud yang ingin disampaikan dapat tercermin lewat judul.
  5. Harus berbentuk frasa.
  6. Awal kata harus huruf kapital kecuali preposisi dan konjungsi.
  7. Tanpa tanda baca di akhiri judul karangan.
  8. Menarik perhatian.
  9. Logis.
  10. sesuai dengan isi.
sumber-sumber untukmendapatkan "judul" sebaiknya menunjukkan kesesuainnya dengan pokok pembicaraan menarik, sehingga membuat orang berkeinginan membaca buku itu, dan singkat. judul yang baik harus sesuai dengan topik yang pernah ditulis oleh orang lain, maka judul itu biasa ditambahkan dengan judul tambahan. Judul merupakan identitas dari jiwa seluruh karya tulis yang bersifat menjelaskan diri, menarik perhatian dan ter kadang menentukan lokasi. Judul merupakan nama yang dipakai untuk tulisan, buku, bab dalam buku, kepala berita, dan lain-lain. Judul sebaiknya dibuat ringkas, padat, dan menarik. Usahakan judul suatu tulisan tidak lebih dari lima kata tetapi dapat menggambarkan isi tulisan secara eksplisit.

Fungsi judul:
  1. Merupakan identitas atau cermin dari jiwa seluruh tulisan.
  2. Temannya menjelaskan diri dan menarik sehingga mengundang orang untuk membaca isinya.
  3. Gambar global tentang arah, maksud, tujuan, dan ruang lingkupnya.
  4. Relevan dengan seluruh isi tulisan, maksud masalah, dan tujuannya 
Syarat-syarat pembuatan judul :
  1. Harus relevan = Mempunyai keterkaitan dengan temanya atau bagian-bagian penting dari tema.
  2. Harus provokatif = Menarik sedemikian rupa sehingga menimbulkan rasa ingin tahu tiap pembaca terhadap isi tulisan
  3. Harus singkat = Tidak boleh mengambil kalimat atau frasa yang panjang, tetapi harus berbentuk kata atau rangkaian kata yang singkat. jika penulis tidak dapat menghindari judul yang panjang, maka dapat menggunakan solusi dengan membuat judul utama yang singkat, tetapi dengan judul tambahan yang panjang.
  4. Harus asli = Jangan menggunakan judul yang sudah pernah di pakai
syarat-syarat judul yang baik :
  1. Harus berbentuk frasa.
  2. Tanpa ada singkatan atau angkronim.
  3. Awal kata harus kapital, kecuali preposisi dan konjungsi.
  4. Menarik.
  5. Logis.
  6. Sesuai dengan isi. 
Demikianlah cara membuat judul yang baik semoga dapat membantu teman-teman dalam berbagai penulisan karya tulis.