Home » » Pengertian Organisasi

Pengertian Organisasi

Pengertian Organisasi

Dilingkungan kita terdapat banyak organisasi misalnya perguruan tinggi, toko retail atau departemen store, rumah sakit, lembaga pemerintah, lembaga kepolisian, bank, perusahaan manufaktur, dan sebagainya. Organisasi tersebut ada yang berukurang besar atau kecil, milik pemerintah atau swasta. Organisasi dibentuk untuk mencapai suatu tujuan. Ada organisasi yang bertujuan untuk mencari laba, ada pula organisasi yang tidak bertujuan mencari laba/nonprofit. Apakah Organisasi Itu? Organisasi adalah suatu unit sosial yang terdiri dari dua orang atau lebih, dikoordinasi secara sadar, dan berfungsi dalam suatu dasar yang relatif terus-menerus untuk mencapai satu atau serangkai tujuan (Robbins dan Judge, 2007). Berdasarkan pengertian tersebut, maka suatu organisasi memiliki unsur-unsur sebagai berikut:
  1. Organisasi merupakan suatu sistem sosial, yang terdiri dari dua orang atau lebih, sehingga terjadi interaksi antar-individu.
  2. Dikoordinasi secara sadar dan berfungsi dalam suatu dasar yang terus menerus. Koordinasi yang dilakukan secara sadar mencakup koordinasi usaha, suatu tujuan bersama. Pembagian tenaga kerja, dan hierarki wewenang, yang membentuk struktur organisasi (Kreitner dan Kinicki, 2005).
  3. Organisasi dibentuk untuk mencapai satu atau beberapa tujuan. Ada organisasi yang bertujuan untuk mencari laba ada juga yang nonprofit.
Agar organisasi dapat mencapai tujuannya secara efektif dan efesien, maka dibutuhkan manajer. Manajer adalah orang yang melakukan atau menyelesaikan suatu tugas atau pekerjaan melalui orang lain. Manajer akan membuat suatu keputusan, mengalokasikan sumber daya, dan mengatur aktivitas orang-orang yang menjadi bawahannya, untuk mencapai tujuan tersebut, manajer menjalankan fungsi-sungsi manajemen, yaitu perencanaan, pengorganisasian, kepimimpinan, dan pengendalian.
  • Perencanaan/planning, adalah proses pendefinisian tujuan penentuan strategi untuk mencapai suatu tujuan tersebut, dan pengembangan serangkaian rencana komprehensif untuk menggabung dan mengkoordinasi berbagai aktivitas.
  • Pengorganisasian/organizing, yaitu proses yang mencakup penentuan tugas yang harus dikerjakan, siapa yang melakukan tugas tersebut, bagaimana tugas tersebut akan dikelompokkan siapa melapor kepada siapa, dan dimana keputusan-keputusan akan dibuat.
  • Kepemimpinan/leading, yaitu proses yang meliputi pemberian motivasi, pengauran orang, pemilihan saluran komunikasi, dan penyelesaian konflik.
  • Pengendalian/controling, adalah proses memantau aktivitas untuk memantau aktivitas tersebut sudah dikerjakan sesuai rencana, dan melakukan koreksi jika terjadi penyimpangan (Robbins dan Judge).