Home » » Faktor Kegagalan Dan Keberhasilan Usaha

Faktor Kegagalan Dan Keberhasilan Usaha

Sebuah inspirasi yang cukup bermanfaat bagi kita tentang konsep dan strategi dalam menjalankan usaha sangat tergantung pada bagaimana kita menyikapi dan menarik sisi positif dari faktor-faktor keberhasilan sebuah usaha serta mewaspadai dan melakukan tindakan proaktof-antisipatif atas faktor-faktor keberhasilan usaha itu. Sebaiknya kita melihat faktor-faktor tersbut. Faktor keberhasilan usaha seorang wirausahawan hanya dilihat dari seberapa keras ia bekerja, tetapi seberapa cerdas ia melakukan dan merencanakan strateginya serta mewujudkannya. Jadi lebih baik menjadi wirausahawan yang cerdas (smart). Apa itu smart? Smart artinya cerdas, bukan? Tetapi ada makna tersendiri mengenai smart entrepreneur, yaitu:
  1. Strategic thinker. seorang wirausahawan juga adalah seorang strategic planner yang handal. Ia tidak hanya bekerja mengandalkan kekuatan 'otot' tetapi juga menggunakan otak. Jadi tidak hanya bermodal nekat.
  2. Motivator. Bagi dirinya, bila mengalami kegagalan ia akan selalu bangkit dari kegagalan (pantang menyerah) serta menjadi motivator yang handal bagi tim dan karyawannya. You are a great motivator, too!
  3. Ambitious. seorang wirausahawan juga harus punya ambisi. Tentu saja ambisi yang positif dan tepat. Ia harus menghindari ambisi yang buruk, yaitu target waktu yang kurang realistis alias ingin cepat instan, sehingga ia cenderung menghalalkan segala cara, tabrak sana tabrak sini, yang penting mencapai target dan cepat sukses. Ambisi semacam itu akan sulit terwujud. Dengan ambisi yang tepat, kita mempunyai semangat dan hasrat untuk mewujudkannya (gigih)
  4. Risk manager. seorang wirausahwan tidak hanya sekadar risk taker tetapi juga seorang risk manager bagi dirinya dan usahanya, Risk manager berarti ia tidak gegabah, tidak terburu-buru, cermat, taktikal, cerdas dan jeli membaca risiko dan peluang sehingga ia akan memilih risiko optimalbagi perusahaannya.
  5. Totality. dalam mengerjakan tugas-tugas dan membangun usahanya,seorang wirausahawan pantang mundur ke belakang/pantang menyerah. Ia bekerja secara total dengan full commitment untuk usahanya. Ia benar-benar mencintai usahanya untuk itu ia berusaha agar usahnya tidak jatuh dan gagal.
Faktor-Faktor Keberhasilan Usaha
secara singkat telah diterangkan bahwa wiraushawan yang sukses pasti cerdas (smart). Sekarang kita akan mempelajari faktor-faktor keberhasilan usaha untuk anda pelajari, yaitu:
  1. Faktor Peluang.  banyak peluang emas tetapi belum tentu tepat untuk anda karena peluang emas yang tepat itu mengandung keselarasan, keserasian, dan keharmonisan antara siapa aku, bisnis apa yang dumasuki, pasarnya bagaimana, kondisi, situasi, dan perilaku pasarnya sehingga anda bisa menemukan peluang emas yang tepat buat anda.
  2. Faktor manusiawi. faktor kesuksesan operasional sebuah usaha dan yang lainnya adalah strategi dan perencanaan yang matang.
  3. Faktor keuangan. Arus kan itu bagaikan aliran darah dalam tubuh kita. bila arus kas tidak mengalir, maka bisnis pasti akan berhenti dan mati.
  4. Faktor organisasi. ibarat sebuah pohon yang memiliki batang yang kokoh dan kuat, organisasi usaha ibarat harus terstruktur dengan baik. 
  5. Faktor perencanaan. anda harus memahami bahwa bekerja tanpa rencana berarti berjalan tanpa tujuan yang jelas. 
  6. Faktor pengelolaan usaha. semua faktor diatas adalah soft plan success factors atau faktor-faktor keberhasilan usaha, tetapi kita juga membutuhkan action your plans as well as.
  7. Faktor pemasan dan penjualan.dalam konteks ini pemasaran dan penjualan adalah "lokomotif" bagi "gerbong-gerbong"lainnya seperti keungan, personalia, produksi, distribusi, logistik, pembelian dan lain-lain.
  8. Faktor administrasi. tanpa pencatatan dan dokumentasi yang baik dan pengumpulan serta pengelompokan data administarsi, maka strategi, taktik,perencanaan,pengembangan, program-program, dan arah perusahaan menjadi tidak berjalansesuai harapan karena hanya dilakukan berdasarkan feeling atau perasaan anda saja.
  9. Catatan bisnis. banyak usaha yang sulit dan tidak berkembang hanya disebabkan karena wirausahawan tidak tahu sejauh mana bisnisnya berjalan?catatan usaha atau bisnis akan membantu kita mengetahui sejauh mana kita menjalankan usaha, sampai dimana, mengapa sampai disini, karena apa kita begini dan lain-lain.
Tidak begitu berilmu tapi setidaknya dpaat memberikan ilmu. semoga bermanfaat Wassalam.