Home » » Faktor Penting Dan Ciri-ciri Yang Bisa Mengubah Seseorang Menjadi Wirausahawan

Faktor Penting Dan Ciri-ciri Yang Bisa Mengubah Seseorang Menjadi Wirausahawan

Memulai menjadi entrepreneur memang harus dengan mimpi, tetapi karena tanpa kekuatan, Anda hanyalah bermimpi!. Banyak orang yang ingin berwirausaha. Namun, mereka terkadang berhenti di tengah jalan, atau bahkan mundur sebelum kegagalan, takut jatuh miskin, takut dittipu-daya, takut kehabisan modal dan takut keluar dari "zona nyaman" (malas). Yang pasti ialah bahwa mereka memiliki "ketakutan" yang besar yang menggelut di kepala mereka.Menurut kami dari sisi kekuatan emosinya yang membedakan seorang entrepreneur orang biasa atau pecundang adalah bahwa seorang entrepeneur adalah seseorang yang mempunyai beberapa karakter sebagai berikut:
  1. Pandai mengelola ketakutannya. Seorang smart and good entrepreneur pandao mengelola ketakutannya untuk membangkitkan keberanian dan kepercayaan dirinya dalam menghadapi suatu risiko (risk manager, bukan risk taker).
  2. Mempunyai "iris mata" yang berbeda dengan yang lain. Dalam gal ini iris mata adalah cara seseorang memandang sesuatu (masalah kesulitan, perubahan diri sendiri, lingkungan tren, dan kejadian) mimpinya, lalu mencoba untuk meningkatkan nilai (add value).
  3. Pemasar sejati atau penjual yang ulung. tanpa skill ini anda akan memulai dengan lebih berat dan membuthkan lebih banyak waktu. Skill ini akan mempermuda anda dalam membangun bisnis anda, mengakselerasi kecepatan pertumbuhan bisnis anda, dan mengurangi ketergantungan modal tang besar.
  4. Melawan arus dan menyukai tantangan baru. Seorang smart and good entrepreneur cenderung tidak suka mengikuti arus atau terperangkap didalam kehidupan yang menonton sempurna.
  5. High determination (mempunyai keteguhan hati yang tinggi). Dalam hal ini perbedaan seorang entrepreneur sejati dengan entrepreneur. keteguhan biasa-biasa saja adalah dalam hal durability, firm, determination.
  6. Tidak menerima apa yang ada didepannya dan selalu mencari yang terbaik (perfectionis). Seorang smart and good entrepreneur diharapkan mampu memberikan apa yang lebih baik lagi bagi pelanggan.
Ciri-ciri Khusus Seorang Entrepreneur yang Sukses
ada beberapa ciri-ciri utama yang biasanya ada di dalam diri seorang entrepreneur yang telah sukses, yaitu:
  1. mempunyai mimpi-mimpi yang realistis dan tinggi, yang mampu diubah menjadi cita-cita yang harus ia capai. Hidupnya ingin berubah karena kekuatan emosionalnya yang tinggi dan keyakinannya yang kuat, sehingga mimpi itu bisa terwujud (power of dream).
  2. mempunyai empat karakter dasar kekuatan emosional yang saling mendukung untuk sukses yaitu: Determinasi keteguhan hati akan visinya, Persitence ulet dan mudah bangkit keterpurukannya, Keberanian mampu menaklukkan kekuatannya sendiri, Strugle pantang menyerah, Risk manager emotional quetient.