Home » » Tujuan dan Manfaat Kewirausahaan Bagi Mahasiswa/i

Tujuan dan Manfaat Kewirausahaan Bagi Mahasiswa/i

Kewirausahaan atau enterpreneurship bukan cuma diartikan sebagai keterampilan bisnis. lebih penting dari itu. Kewirausahaan adalah sikap kreatif, inovatif, dan berani mengambil keputusan sehingga dijadikan sikap hidup bahkan karakter bangsa Indonesia. Dahulu prestasi dan pendidikan saja sudah cukup untuk menjadi bekal mencari pekerjaan dan bertahan hidup. Namun, dewasa ini apakah prestasi dan pendidikan itu masih cukup? belum tentu. Oleh sebab itu, ada begitu banyak tujuan Kewirausahaan yang bisa bermanfaat oleh pada lulusan perguruan tinggi dalam mewujudkan impiannya. Beberapa tujuan Kewirausahaan untuk mahasiswa/i da dunia pendidikan, yaitu:
  1. Pendidikan saja sudah tidak cukup menjadi bekal untuk masa depan. "dahulu saya berfirikir pendidikan saja sudah cukup membut indonesia mandiri, tetapi sekarang mengapa tetap saja kita terbelakangan? ternyata kita tidak hanya cukup menguasai ilmu yang umum saja. bangasa ini membutuhkan orang-orang yang sanggup mengubah "kesulitan" menjadi "peluang" dan memberikan kontribusi bagi perusahaan". kata Ciptura (sumber; Kompaks 3 november 2009).
  2. Kewirausahaan bisa diterapkan di semua bidang pekerjaan dan kehidupan dengan. Demikian kewirausahaan sangat berguna sebagai "bekal" masa depan mahasiswa/i bila ingin berkarir dibidang apapun.
  3. Ketika lulusan perguruan tinggi kesulitan mendapatakan pekerjaan atau terkena PHK ( pemututsan hubungan kerja), kewirausahaan bisa menjadi langkah alternatif untuk mencari nafka dan bertahan hdiup.
  4. Agar suskes didunia kerja atau usaha, tidak cukup orang hanya pandai bicara. Yang dibutuhkan adalah bukti nyata/realitas. Oleh karena itu, kewirausahaan adalah ilmu nyata yg bisa mewujudkannyapeningkatan kesejahteraan dan kemakmuran bangsa indonesia.
  5. Memajukan perekonomian indonesia dan menjadi lokomotif  peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran bangsa indonesia.
  6. membudayakan sikap unggul, perilaku positif, dan kreatif.
  7. menjadi bekal ilmu untuk mencari nafkah, bertahan hidup, dan berkembang.
Kewirausahaan bukan ilmu ajaib yang mendatangkan uang  dalam waktu sekejap. Namun, tak bisa disangkal bahwa kewirausahaan memiliki peran yang sangat vital bagi kemajuan setiap insan, daerah , dan bangsa kita.