Home » » Defenisi Keputusan dan Tahap-Tahap Pengambilan Keputusan

Defenisi Keputusan dan Tahap-Tahap Pengambilan Keputusan

Defenisi Keputusan
       Keputusan adalah proses penelusuran masalah yang berawal dari latar belakang masalah, identifikasi masalah hingga kepada terbentuknya kesimpulan atau rekomendasi. Rekomendasi itulah yang selanjutnya dipakai dan digunakan sebagai pedoman basis dalam pengambilan keputusan. Oleh karena itu begitu besarnya pengaruh yang akan terjadi jika seandainya rekomendasi yang dihasilkan tersebut terdapat kekeliruan atau adanya kesalahan-kesalahan yang tersembunyi karena faktor ketidak hati-hatian dalam melakukan pengakajian masalah.

Tahap-Tahap Pengambilan Keputusan
        Guna memudahkan pengambilan keputusan maka perlu dibuat tahap-tahap yang bisa mendorong kepada terciptanya keputusan diinginkan. Adapun tahap-tahap tersebut:
  1. Mendefinisikan masalah tersebut secra jelas dan gamblang, atau mudah untuk dimengerti.
  2. Membuat dafta masalah yang akan dimunculkan, dan menyusunnya secara prioritas dengan maksud agar adanya sistematika yang lebih terarah dan terkendali.
  3. melakukan identifikasi dari setiap masalah tersebut dengan tujuan untuk lebh memberikan gambaran secara lebih tajam dan terarah secarah lebih spesifik.
  4. memetakan setiap masalah tersebut berdasarkan kelompoknya masing-masing yang kemudian selanjutnya dibarengi dengan menggunakan model atau alat uji yang dipakai.
  5. Memastikan kembali bahwa alat uji yang dipergunakan tersebut telah sesuai denga prinsip-prinsip dan kaidah-kaidah berlaku pada umumnya. 

Baca Juga

Contoh Makalah Motivasi dan Manajemen Pengambilan Keputusan

Makalah Manajemen Konflik dan Pengambilan Keputusan