Home » » Defenisi Manajemen Risiko Keputusan dan Manfaat Manajemen Risiko

Defenisi Manajemen Risiko Keputusan dan Manfaat Manajemen Risiko

Defenisi Manajemen Risiko Keputusan
    Defenisi Risiko dan Defenisi Manajemen Risiko. Manajemen risiko keputusan adalah suatu ilmu yang menggabungkan antara konsep risiko dan keputusan untuk dilihat dan di-manage agar mampu memberikan hasil sesuai dengan pengharapan para pengambil keputusan. Untuk mewujudkan itu bagi para pengguna ilmu manajemn risiko keputusan diharuskan untuk memahami persoalan secara komprehensif dan realistis sesuai dengan kondisi yang ditemui dilapangan.
    Bahwa harus diakui dalam setiap  keputusan yang dibuat selalu saja menyimpan risiko yang mungki bisa timbul. Pengambilan keputusan yang berisiko adalah dihasilkannya suatu keputusan yang mengandung lebih dari satu kemungkinan hasil berdasarkan beberapa alternatif maka otomatis terdapat pula beberapa peluang (probability) yang sama besarnya.
    Untuk mengatasi risiko yang timbul dalam suatu organisasi baik yang bersifat profit maupun yang non-profit adalah dengan menerapkan manajemen risiko (risk mangement). Dalam manajemen risiko ini dibahas bagaimana mengelola risiko agar bisa memberikan keuntungan serta mekanisme memperkecil risiko. Bahwa jika risiko itu bisa dikelola secara sistematis juga begitu sebaliknya. Maka dari itu dibutuhkan kapasitas keilmuan yang mencakup guna mengelola risiko yang sudah dan akan timbul nantinya.  Defenisi Risiko dan Defenisi Manajemen Risiko.

Manfaat Manajemen Risiko
      Dengan diterapkan manajemen risiko di suatu perusahaan ada beberapa manfaat yang akan diperoleh, yaitu:
  1. perusahaan memiliki ukuran kuat sebagai pijakan dalam mengambil setiap keputusan, shingga para manajer menjadi lebih berhati-hati (prudent) dan selaluu menempatkan ukuran-ukuran dalam berbagai keputusan.
  2. mampu memberi arah bagi suatu perusahaan dalam melihat pengaruh-pengaruh yang mungkin timbul baik secara jangka pendek dan jangka panjang.
  3. mendorong para manajer dalam mengambil keputusan untuk selalu menghindari risiko dan menghindari dari pengaruh terjadinya keruhian kekhususan kerugian dari segi finansial.
  4. memungkinkan perusahaan memperoleh risiko kerugian yang minimun.
  5. dengan adanya konsep manajemen risiko (risk management concept) yang dirancang detil maka artinya perusahaan telah membangun arah dan mekanisme secara sustaineble (berkelanjutan). 
 Silahkan Klik dan baca artikel dibawah ini
Metode Pengambilan Keputusan
Pengambilan Keputusan dalam Kondisi Tidak Pasti
Contoh Makalah Motivasi dan Manajemen Pengambilan Keputusan

semoga artikel yang saya tulisa dan posting dapat bermanfaat bagi anda.