Artike kali ini akan membahasa mengenai Pengambilan keputusan dalam Kondisi tidak pasti dalam bukua manajemen pengambilan keputusan,semoga bermanfaat.
Pada kondisi seperti ini proses lahirnya keputusan lebih sulit atau lebih komplek dalam artian keputusan dibuat belum diketahui nilai probabilitas atau hasil yang mungkin diperoleh. Situasi seperti ini dimungkinkan sekali terjadi dikarenakan minimnya informasi yang diperoleh baik informasi yang sifatnya hasil penelitian maupun rekomendasi lisan yang bisa dipercaya. Karena itu membangun perangkat suatu sistem informasi manajemen yang credible merupakan suatu keharusan pada saat ini, jika tidak suatu organisasi akan tertinggal terutama jika ia berkompetensi secara aktif dipasar bebas. Karen dengan informasi tersebut dapat dipakai sebagai pendukung dalam pembuatan keputusan. Adapun pengertian dari sistem informasi manajemen (SIM) adalah suatu perangkat manajemen yang dipergunakan untuk mendukung pihak manajemen perusahaan dalam menerima, mengolah dan mengelolah perusahaan secra baik dan sistematis dengan tujuan untuk mendukung penciptaan kinerja perusahaan. Unsur Pelengkap dalam pengelolaan suatu perusahaan.
Pengunaan teknologi yang moderen dengan segala perolehan informasi yang akan diterima sangat mendukung bagi peningkatan kinerja pihak manajemen perusahaan. Bagi piha manajemen sumber informasi dibagi menjadi dua yaitu:
- Informasi yang bersumber dari pihak internal "sumber informasi internal berasa dari lingkungan dalam organisasi yang diterima dan selanjutnya diolah menjadi informasi yang mendukung pembentukan dalam proses pengambilan keputusan organisasi".
- Infromasi yang bersumber dari pihak eksternal. "sumber infromasi eksternal berasal dari lingkungan luar organisasi yang selama ini mereka merupakan pihak-pihak yang memiliki kepentingan terhadap organisasi, selanjtnya informas eksternal tersebut diolah dan menjadi informasi pendukung dalam pengambilan keputusan organisasi.
Jenis
|
Sumber internal
|
Sumber Eksternal
|
Formal berbasis komputer
|
Indikator-indikator kunci yang dihasilkan oleh sistem penjejak
internal
|
Basis data publik
|
Formal berbasis dokumen
|
Laporan-laporan perencanaan audit internal
|
Laporan-laporan industri
|
Formal, vrebal
|
Pertemuan-pertemuan jadwal
|
Forum-forum industri
|
informal
|
Percakapan makan siang,gosip,manajemen dengan jalan-jalan
|
Pameran dagang, kontrak personal
|
untuk menghindari timbulnya masalah untuk situasi yang tidak pasti, sebaiknya para manajer melakukan riset terlebih dahulu, mencari informasi sebanyak mungkin dan mempergunakan beberapa Metode Pengambilan Keputusan