Home » » Alat Optik

Alat Optik


Pembahasan Alat Optik 
Di dalam mata terdapat lensa kristalin yang terbuat dari bahan bening, berserat, dan kenyal. Lensa kristalin atau lensa mata berfungsi mengatur pembiasan yang disebabkan oleh cairan didepan lensa. Mata dapat melihat suatu benda jika benda tersebut memantulkan cahaya. Cahaya yang masuk dibiaskan oleh lensa dan terbentuk bayangan yang bersifat nayata, terbalik, dan diperkecil.

Bagian-bagian dan fungsi mata
  1. Lensa mata merupakan lensa cembung.
  2. Aqueous yaitu cairan yang dibelakang kornea yang berfungsi membiaskan cahaya yang masuk kedalam     mata.
  3. Kornea merupakan bagian mata yang bersifat tembus pandang sebagai pelindung matamu.
  4. Pupil adalah celah lingkaran yang dibentuk oleh iris dan berfungsi untuk mengatur intensitas cahaya yang mengenai mata.
  5. Iris merupakan selaput di depan lensa mata yang membentuk celah lingkaran dan berfungsi memberi warna pada mata.
  6. Retina atau selaput Jala yaitu bagian yang berfungsi sebgai layar untuk menangkap bayangan nyata, terbalik, dan diperkecil oleh lensa mata.
  7. Bintik kuning adalah bagian pada retina yang sangat peka terhadap cahaya.
  8. Saraf optik merupakan saraf yang menghubungkan bintik kuning dengan otak sehingga sinyal sinyal bayangan dari bintik kuning sampai keotak dan otaklah yang menerjemahkan sehingga bayangan benda menjadi tegak tidak terbalik seperti yang ditangkap oleh retina.

Daya akomodasi mata
untuk mengubah kecembungan lensa mata sehingga dapat tepat jatuh pada retina terbagi atas dua keadaan yaitu, Keadaan tanpa akomodasi: sewaktu otot mata dalam keadaan istirahat dan lensa dalam keadaan pipih. hal ini terjadih saat mata melihat benda yang letaknya jauh. Keadaan mata berakomodasi maksimun: sewaktu otot mengencang dan lensa mata dalam keadaan cembung maksimal. Hal ini terjadi bila melihat benda yang dekat.

Titik jauh dan titik dekat
Titik jauh (punctum remotum) adalah titik terjauh dari mata yang masih dapat dilihat dengan mata tak berakomodasi. Titik dekat ( punctum proximum) adlah titik terdekat dari mata yang masih dapat dilihat dengan mata berakomodasi.

Cacat mata
Rabun jauh (miopi) tidak dapat melihat benda benda yang jauh dengan jelas, karena lensa tidak dapat dipipihkan sehingga bayangan jatuh didepan retina, dapat dibantu dengan kaca mata cekung (-). Rabun dekat (hipermetropi) tidak dapat melihat benda benda yang dekat dengan jelas, karena lensa mata tidak dapat dicembungkan sehingga bayangan jatuh dibelakang retina. Dapat dibantu dengan kaca mata cembung (+). Mata tua (presbiopi) penglihatan tidak normal karena berkurangnya daya akomodasi karena usia lanjut sehingga penderita tidak dapat melihat benda yang dekat dan yang jauh. penderita mempunyai titik dekat  >25cm dan titik jauh <~. Dapat ditolong dengan kaca mata berlensa rangkap. Astigmatisma tidak mampu melihat garis-garis horizontal dan vertikal secara bersamaan, karena bentuk kornea mata yang tidak berbentuk bola melainkan lebih melengkung pada satu bidang. Dapat ditolong dengan menggunakan kaca mata silindris.