Home » » Pengertian Agama

Pengertian Agama

pelajariislam.com



Sahabat kali ini kita akan membahas pengertian agama, jadi didalam tulisan ini terdapat beberapa pengertian agama atau defenisi islam itu sendiri untuk lebih jelasnya silahkan simak pembahasan dibawah ini..

Abuddin Nata (2001: 61-62) mengatakan bahwa: “Islam berasal dari bahasa Arab yaitu dari kata salima yang mengandung arti selamat, sentosa dan damai. Dan dari kata salima menjadi bentuk aslama yang berarti berserah diri masuk dalam kedamaian”. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI: 2006), Islam berarti agama yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW, yang ajarannya berdasarkan atas Al qur’an dan Hadis. Jadi, dapat disimpulkan bahwa Islam adalah ajaran agama yang dibawah oleh nabi Muhammad SAW yang diyakini dapat menjamin terwujudnya kehidupan manusia yang sejahtera lahir dan batin yang didalamnya terdapat berbagai petunjuk tentang bagaimana seharusnya menyikapi hidup dan kehidupan ini secara lebih bermakna. 

Menurut Mishbach (2010): “Islami (Islamic) berasal dari kata islam, yang berarti penerimaan atas suatu pandangan atau suatu keadaan yang mula-mula ditolak atau diterima”. Di dalam Al qur’an dijelaskan bahwa Islami (Islamic) adalah nilai-nilai Islam yang terkandung dalam Islam itu sendiri. Dan berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI: 2006), Islami bersifat keislaman, yakni terkandung nilai-nilai islam didalamnya. Sehingga dapat dipahami bahwa islami (Islamic) adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan agama islam yang segala susuatu itu memiliki makna tersendiri serta mengandung nilai-nilai keagamaan (islam). 

Referensi:
Culsum, Umi. 2006. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) cetakan III. Surabaya: Yoshiko Press 
Misbach. (2010).Pengertian Islam, Makassar,  http://www.imfaceplate.com/(online) Akses pada tanggal 08 Februari 2014 jam 20: 11 wita
Nata, Abuddin. 2001. Metodologi Studi Islam. Jakarta: PT Raja GrafindoPersada.