Home » » Desain dan Sistem Augmented Reality

Desain dan Sistem Augmented Reality


Sahabat kali ini kita masih mengupas tentang teknologi Augmented Reality yang ternyata mempunyai sistem dan aturan tertentu dalam pembuatannya, sehingga dalam tulisan ini ditampilkan contoh desain dari augmented realty itu sendiri, silahkan menyimak.....

Menurut Rakacita dan Galih (Sari, 2014: 77) Sistem Augmented Reality juga memiliki tiga komponen utama yaitu:
  1. Tracking system menentukan posisi dan orientasi obyek-obyek dalam dunia nyata. 
  2. Graphic system menggunakan informasi yang disediakan tracking system untuk menggambarkan gambar-gambar virtual pada tempat yang sesuai, sebagai contoh melalui obyek-obyek nyata. 
  3. Tampilan sistem menggabungkan dunia nyata dengan gambar virtual dan mengirimkan hasilnya ke pengguna. 
Berikut desain augmented realty menurut (Figueredo, 2014: 11) dalam jurnalnya: 

pengujian jarak kamera pada marker
Menurut (Sari, 2014: 84) dalam jurnalnya tentang desain sampul buku pura Goa Lawah dan pura Goa Gaja yaitu: 


Sampul buku pura Goa Lawah dan pura Goa Gaja
Augmented reality merupakan sebuah teknologi mutakhir yang dapat memperlihatkan objek 2 Dimensi (2D) atau 3 Dimensi (3D) seolah-olah terlihat nyata dan menyatu dengan dunia nyata dengan bantuan komputer dan android, yang didukung beberapa perangkap dalam pembuatannya, dan saat ini telah banyak digunakan dalam berbagai bidang salah satunya dalam dunia pendidikan digunakan sebagai media pembelajaran.

Berikut sumber  dalam tulisan terkait Sistem dan desain Augmented Reality

Figueiredo, Mauro. 2014. Augmented Reality tools for teaching and learning. International Journal on Advances in Education Research 1 (1): 2340-2504. Portugal: Universidade do Algarve

Sari, Permata Oktari Komang Ni. 2014. Pengembangan Aplikasi Augmented Reality Book Pengenalan Tata Letak Bangunan Pura Goa Lawah dan Pura Goa Gaja. JPTK UNDIKSHA 11 (2): 0216-3241. Bali: Universitas Pendidikan Ganesha.