Home » » Pengertian Anak Usia Dini

Pengertian Anak Usia Dini

pendidikan anak paud

Sahabat setiap manusia yang lahir didunia ini mengalami perkembangan mulai dari bayi hingga mencapai usia  termatang seorang manusia, sehingga setiap perkembangan ini dibagi menjadi beberapa bagian atau kelompok sesuai dengan tingkat perkembangan usianya, dan tingkat yang pertama yang dialami oleh manusia yaitu anak usia dini. Untuk mengetahui lebi jelas tentang anak usia dini, silahkan simak tulisan berikut.

Dalam pasal 28 Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20/2003 ayat 1, disebutkan bahwa anak usia dini adalah anak yang masuk dalam rentang usia 0 sampai dengan 6 tahun.

Menurut kajian rumpun ilmu PAUD dan penyelenggaraannya, di beberapa negara PAUD menjelaskan bahwa:
Anak usia dini berada dalam rentang 0-8 tahun dan anak usia dini terdiri dari 3 kelompok, yaitu kelompok bayi 0 hingga 2 tahun, kelompok 3 hingga 5 tahun dan kelompok 6 hingga 8 tahun. Bardasarkan keunikan dan perkembangannya, anak usia dini dibagi menjadi 3 tahapan yaitu masa bayi lahir sampai 12 bulan, masa balita (taddler) usia 1-3 tahun, masa usia prasekolah usia 3-6 tahun, dan masa kelas awal 6-8 tahun.

Jadi, dapat dipahami bahwa anak usia dini ialah anak yang berkisar antara usia 0-8 tahun yang memiliki pertumbuhan dan perkembangan yang luar biasa, dan memunculkan berbagai keunikan pada dirinya sendiri. Pada tahap inilah merupakan tahap yang paling tepat untuk menanamkan nilai-nilai kebaikan yang membentuk pribadinya. 

Refensi: Fadillah, Muh. 2012. Desain pembelajaran PAUD Tinjauan Teoritik dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media