Home » » Karakteristik dan Perkembangan Anak Usia Dini

Karakteristik dan Perkembangan Anak Usia Dini


Kawan kali ini kita masih membahas tentang anak usia dini yang lebih spesifik kepada karakteristik dan perkembangan dari anak usia dini itu sendiri, untuk lebih jelasnya silahkan simak pembahasan tersebut dibawah ini.
pendidikan anak paud

Perkembangan adalah suatu perubahan kualitatif dari setiap fungsi kepribadian akibat dari pertumbuhan dan belajar. Pada perkembangan ini, perubahannya lebih mengarah pada psikis atau kejiwaan sehingga memunculkan terjadinya fungsi kepribadian dan kematangan seseorang dalam berinteraksi dengan lingkungan. Menurut Herbart dalam Abu Ahmadi (2005:5) berpendapat bahwa: Anak yang baru lahir keadaan jiwanya masih bersih. Sejak alat indranya dapat menangkap sesuatu yang datag dari luar, alat indra itu mengirimkan gambar, atau tanggapan kedalam jiwanya. Semakin banyak tangkapan, semakin banyak pula tanggapan. Tanggapan-tanggapan inilah yang dinamakan perkembangan. Tanggapan ini biasanya muncul dari reaksi yang berbeda-beda sesuai dengan hasil tangkapan yang diperoleh. 3.

Karakteristik Anak Usia Dini Adapun karakteristik dari anak usia dini adalah: Unik, yaitu sifat anak itu berbeda antara satu dengan yang lainnya. Egosentris, yaitu anak lebih cenderung melihat dan memahami sesuatu dari sudut pandang dan kepentingannya sendiri. Aktif dan energis, yaitu anak lazimnya melakukan berbagai aktivitas. Spontan, yaitu perilaku yang ditampilkan oleh anak umumnya relatif asli dan tidak ditutup-tutupi sehingga merefleksikan apa yang telah ada dalam perasaan dan pikirannya. Senang dan kaya dengan fantasi, yaitu anak senang dengan hal-hal yang imajinatif. Masih kurang pertimbangan dalam melakukan sesuatu, yaitu anak masih belum memiliki pertimbangan matang, termasuk berkenaan dengan hal-hal yang membahayakannya. Bergairah untuk belajar dan banyak belajar dari pengalaman.yaitu anak senang melakukan aktivitas yang menyebabkan terjadiya perubahan tingkahlaku pada dirinya.  

Syamsu Yusuf (2011: 48) berpendapat bahwa: Karakteristik yang paling terlihat pada anak usia dini yaitu suka meniru dan bermain. Suka meniru maksudnya apa yang anak lihat dari seseorang dan sangat mengesankan bagi dirinya sehingga anak akan meniru dan melakukan sebagaimana yang ia lihat. Sedangkan anak suka bermain, maksudnya setiap anak usia dini merupakan usianya bermain Artinya anak akan mengisi kahidupan keseharian-nya dengan bermain.


Referensi: Ahmadi, Abu. 2005. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Rineka Cipta