Home » » Defenisi Buku Saku

Defenisi Buku Saku


Kali ini kita akan membahas salah satu contoh dari pengelompokkan media pembelajaran yang berbasis visual yaitu buku saku, dalam pembahasan kali ini juga akan dikutip beberapa pendapat para ahli terkait dengan buku saku yang kemudian akan disimpulkan sebagai benang merah dari buku saku itu sendiri. Berikut pendapat beberapa Defenisi Buku Saku.


Menurut (Setyono, dkk, 2013: 121) “buku saku diartikan buku dengan ukurannya yang kecil, ringan, dan bisa disimpan di saku, sehingga praktis untuk dibawa kemana-mana, dan kapan saja bisa dibaca”. Definisi lain menyatakan bahwa “buku saku merupakan buku dengan ukuran kecil seukuran saku sehingga efektif untuk dibawa kemana-mana dan dapat dibaca kapan saja pada saat dibutuhkan”. (Eliana D & Solikhah, 2012) 

Menurut (Yuliani & Herlina, 2015: 105) bahwa “buku saku adalah suatu buku yang berukuran kecil yang mana berisi informasi yang dapat disimpan di saku sehingga mudah dibawa kemana-mana. Menurut Sulistyani (Yuliani & Herlina, 2015: 105) Pocket book (buku saku) dicetak dengan ukuran yang kecil agar lebih efisien, praktis dan mudah dalam menggunakan”. Menurut Arsyad (Laksita dkk, 2013: 15) “Pocket book termasuk dalam media cetak maka juga perlu memperhatikan hal-hal saat merancang media pembelajaran berupa cetak seperti: (1) konsistensi penggunaan simbol dan istilah (2) penulisan materi secara singkat dan jelas (3) penyusunan teks materi pada pocket book sedemikian rupa sehingga mudah dipahami; (4) memberikan kotak atau label khusus pada rumus, penekanan materi, dan contoh soal; (5) memberikan warna dan desain yang menarik pada pocket book  (6) ukuran font standar isi 9-10 point, jenis font menyesuaikan isinya".

Berdasarkan definisi diatas, dapat disimpulkan bahwa buku saku fisika adalah buku yang berukuran kecil, praktis karena dapat dibawa kemana saja yang didalamnya berisi informasi berupa materi maupun informasi lainnya. Berikut beberapa sumber dalam pembahasan tersebut:

Eliana, D. & Solikhah. 2012. Pengaruh buku saku gizi terhadap tingkat pengetahuan gizi pada anak kelas 5 Muhammadiyah Dadapan desa Wonokerto kecamatan Turi kabupaten Sleman Yogyakarta. Jurnal KESMAS UAD, 6 (2): 162-232. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Setyono, Yulian Adi. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajaran Fisika Kelas VIII Materi Gaya ditinjau dari Minat Baca Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol.1 No.1: 2338 – 0691. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Yuliani, Fahtria dan Herlina, Lina. 2015. Pengembangan Buku Saku Materi Pemanasan Global untuk SMP. Unnes Journal Of Biology Education 4 (1): 2252-6579. Semarang : Universitas Negeri Semarang.