Home » » Defenisi Ekonomi

Defenisi Ekonomi



Menurut Lionel Robbins, Ekonomi adalah ilmu perilaku manusia tentang pengambilan keputusan atas pemenuhan kebutuhan hidup tertentu yang dipilih dengan pertimbangan kelangkaan sumber daya.

Konsep ekonomi dapat dipetakan sesuai sejarah perkembangan pemikiran antarwaktu:
  1. Dalam merkantilisme, ada keyakinan bahwa kemakmuran Negara ditentukan cadangan emas, ekonomi internasional berwujud ekspor impor, dan pencadangan devisa;
  2. Dalam paham Klasik seperti yang dikemukakan Adam Smith dan David Ricardo, ada kepercayaan bahwa kemakmuran Negara tercipta dari pembagian spesifikasi tenaga kerja dalalm struktur pasar persaingan.
  3. Dalam paham Neoklasik sebagimana pendapat Leon Walras, kesejahteraan Negara dibentuk lewat pencapaian keseimbangan umum pasar.
  4. Pada Sosialisme semisal paham Karl Marx, kemakmuran adalah fungsi dari nilai tambah produktivitas buruh.
  5. Pada ekonomi Keynesian, kesejahteraan dibuat melalui campur tangan pemerintah dalam menciptakan lapangan kerja lewat kebijakan fiscal dan moneter.
  6. Pada Monetarisme sebagaimana dipeloperi F. Von Hayek maupun Milton Friedman, kesejahteraan bangsa dibentuk oleh segala hal menyangkut uang.
  7. Pada paham ekonomi special kontemporer seperti dirintis Peter F. Drucker dan John Naisbitt, ekonomi dibentuk lewat strategi investasi SDM selaku hal pengganti SDK (Sumber Daya Keuangan)
Ada perbedaan pokok antara ekonomi klasik dibanding neoklasik, yakni dalam hal teknologi. Teknologi merupakan cirri unik dari ekonomi neoklasik. J. Schumpeter memandang inovasi teknologi sebagai penopang utama pertumbuhan perusahaan mikroekonomi yang selanjutnya akan mendukung perekonomian nasional. Inovasi dapat terjadi dalam cakupan sumber daya, metode, organisasi, proses, dan produk. Urutan tahap-tahap inovasi ialah invention lalu innovation kemudian diffusion. Difusi teknologi ialah rupa akhir dari inovasi. Difusi teknologi ditentukan lewat relativity, compatibility, trial-ability, dan observation-ability. 

Referensi:
Sagir, Soeharsono dkk. 2009. Kapita Selekta Ekonomi Indonesia. Jakarta: Kencana.