Home » » Masalah-masalah Utama yang Dihadapi Suatu Perekonomian

Masalah-masalah Utama yang Dihadapi Suatu Perekonomian


ilmuekonomi.com

Masala – Masalah Utama yang Dihadapi suatu Perekonomian
Masalah perekonomian yang dimaksud merupakan masalah ekonomi makro. Beberapa masalah terpenting dalam perekonomian suatu negara adalah  pertumbuhan ekonomi, kemiskinan, ketidakstabilan kegiatan ekonomi, pengangguran, inflasi, ketidakseimbangan neraca perdagangan, serta neraca pembayaran.
  1. Pertumbuhan Ekonomi. Pertumbuhan ekonomi dapat diartikan sebagai perkembangan kegiatan perekonomian yang menyebabkan bertambahnya jumlah barang dan jasa yang di produksi masyarakat. Dari suatu periode ke periode lainnya kemampuan perekonomian dalam menghasilkan barang dan jasa akan terus mengalami peningkatan. Peningkatan ini disebabkan oleh pertambahan faktor produksi, baik kuantitas maupun kualitasnya. Disamping itu investasi memegang peranan yang sangat penting. Dengan meningkatnya investasi jumlah modal juga meningkat, sehingga jumlah faktor produksi akan terus bertambah. Beberapa faktor yang dapat mendorong terjadinya pertumbuhan ekonomi adalah pendapat nasional, jika pendapatan nasional terus meningkat maka bisa diharapkan akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Selain itu perkembangan teknologi juga akan mendorong pertumbuhan ekonomi. Teknologi produksi yang semakin maju akan menyebabkan jumlah produksi bertambah dan tenaga kerja yang terserap semakin banyak seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk, pengalaman kerja, dan  pendidikan.
  2. Kemiskinan. Kesenjangan ekonomi atau ketimpangan dalam distribusi pendapatan diantara kelompok masyarakat dan tingkat kemiskinan merupakan dua masalah besar yang di hadapi negara-negara berkembang, termasuk negara indonesia.

a. Jenis-jenis kemiskinan 
  1. Kemiskinan relatif, yaitu suatu ukuran mengenai kemiskinan di dalam distribusi pendapatan.
  2. Kemiskinan absolut, yaitu derajat kemiskinan di bawah, yang menandakan kebutuhan-kebutuhan minimun untuk bertahan hidup tidak dapat terpenuhi.
  3. Ketidakstabilan Perkembangan Ekonomi Perekonomian tidak selalu berkembang dengan teratur, perekonomian selalu mengalami naik dan turun. Adakalanya perekonomian berjalan sangat pesat dan adakalanya berjalan secara lambat. Dalam ilmu ekonomi, siklus bisnis merupakan suatu gerakan yang utama secara berkala dalam tingkat kegiatan usaha. Siklus bisnis meliputi periode ekspansi yang menuju suatu titik puncak atau periode prosperiti yang diikuti gerakan balik kebawa melalui periode konstruksi kesuatu periode depresi.
  4. Masalah Pengangguran. Faktor utama yang menyebabkan terjadinya pengangguran adalah kekurangan pengeluaran agregat. Perusahaan memproduksi barang dan jasa untuk memperoleh laba yang bisa diperoleh jika barang dan jasa tersebut terjual dipasar. Bila permintaan semakin banyak, maka semakin banyak pula barang dan jasa yang diproduksi perusahaan. Untuk itu perusahaan akan lebih banyak membutuhkan tenaga kerja. Hal ini menunjukkan hubungan yang erat antara jumlah barang dan jasa yang dihasilkan (pendapatan nasional) dengan penggunaan tenaga kerja.

Masalah Perekonomian yang Dihadapi Negara Indonesia
  1. Produksi Nasional  yang Rendah. Kemampuan pemerintah dalam memenuhi barang dan jasa selama satu tahun, dipengaruhi oleh kemampuan masyarakat dalam mengoptimalkan sumber daya yang ada baik sumber daya manusia, sumber daya, alam teknologi, maupun faktor yang lain.
  2. Masalah Tekanan Penduduk dan Kesempatan Kerja. Meningkatkan angka pengangguran merupakan akibat pertumbuhan penduduk yang tinggi dan kesempatan kerja yang terbatas. Sedangkan kesempatan kerja sangat dipengaruhi oleh perkembangan ekonomi suatu negara.
  3. Masalah Harga yang Tidak Stabil atau Inflasi yang tinggi. Jumlah barang yang beredar lebih banyak di bandingkan jumlah uang. Nilai uang mengalami penurunan, dan. Harga-harga secara umum mengalami kenaikan.
  4. Perubahan Nilai Tukar Rupiah Terhadap Mata Uang Asing. Nilai mata uang rupiah terhadap mata uang asing selalu menurun apabila terjadi gejolak perekonomian dunia, hal ini disebabkan ketergantungan indonesia terhadap negara asing masih tinggi.
  5. Kurangnya disiplin dan banyaknya pelanggaran hukum
  6. Distribusi pendapatan kurang merata
  7. Pencurian sumber daya alam dan kekayaan negara.