Home » » Akhlakul Kharima

Akhlakul Kharima



Sahabat kali ini kita akan membahas tentang akhlakul karimah yang merupakan akhlak yang sudah tertanam didalam diri seorang manusia, untuk mengetahuinya lebih lanjut silahkan simak tulisan dibawah ini
Bersamadakwah

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI: 2006), akhlak berarti perbuatan, kelakuan, tabiat, dan atau tingkah laku. Sedangkan karimah berarti terpuji, mulia, dan atau baik. Akal dan nurani seorang setiap manusia dapat dilihat melalui kelakuan yang biasa ia tampakkan dalam keseharian. Dengan kata lain, akhlak merupakan satuan ukuran yang digunakan untuk mengukur ketinggian akal dan nurani seseorang.

Kata akhlak secara etimologi berasal dari kata al-akhlaaqu yang merupakan jamak dari kata al-khuluqu yang memiliki arti tabiat, kelakuan, perangai, dan adat kebiasaan  yang berarti kejadian, buatan, ciptaan. Jadi secara etimologi akhlak itu berarti perangai,  sistem perilaku yang dibuat. Secara terminologi, akhlak adalah pola perilaku yang berdasarkan memanifestasikan nilai-nilai Iman, Islam dan Ihsan.

Menurut Imam Ghazali dalam Ensiklopedi Islam, Jilid I (1993: 102): yang mengatakan bahwa :
Akhlak yaitu suatu keadaan yang terdapat dalam jiwa yang menampilkan perbuatan senang tanpa memerlukan penelitian maupun pemikiran. Sedangkan karimah berarti mulia, terpuji, baik. Apabila  tingkah laku ataupun sikap dalam hal ini pebuatan yang dilakukan itu baik dan terpuji menurut syariat dan akal maka perbuatan itu dinamakan dengan akhlak yang mulia.

Bedasarkan beberapa definisi diatas, maka dapat disimpulkan bahwa akhlakul karimah adalah suatu tabiat, kelakuan, perbuatan, ataupun kejadian yang terpuji yang dilakukan oleh hamba Allah SWT dengan harapan dapat memperoleh rahmat dari Allah SWT