Home » » Organisasi Sosial

Organisasi Sosial

Hallo gays kali ini kami membahasa mengenai Ciri-ciri Organisasi sosial, adapun ciri-ciri organisasi yaitu :
  1. Bersifat langgeng,
  2. Memiliki identitas kolektif tegas,
  3. Memiliki daftar anggota yang terperinci,
  4. Memiliki program kegiatan yang terus-menerus diarahkan pada pencapaian tujuan yang jelas, dan
  5. Memiliki prosedur untuk menerima anggota baru serta mengeluarkan anggota lama.
Organisasi soial dapat dibagi menjadi dua, yaitu sebagai organisasi formal dan informal.

a. Organisasi Formal.

Menurut William Kornblum, organisasi formal merupakan organisasi yang memiliki seperangkat norma, status, peran yang jelas dan didalamnnya terdapat peraturan tertulis yang mengatur hubungan antaranggotanya. Contoh, OSIS, PMR, Pramuka, HMI, dan TNI.

b. Organisasi Informal

Menurut William Kornblum, Organisasi informal adalah kelompok yang memiliki kesempatan tentangg norma dan status, tetapi kesepakatan ini tidak tertulis, contohnya adalah keluarga.

Berdasarkan besar kecilnya jumlah anggota, organisasi sosial dibagi menjadi empat, yaitu organisasi kecil, sedang, besar, dan raksasa.
  1. Organisasi kecil, Merupakan organisasi yang anggotanya dapat berinteraksi langsung, jumlah anggotanya paling banyak 30 orang.
  2. Organisasi sedang, merupakan organisasi yang tidak terlalu besar untuk memungkinkan perkembangan hubungan antara setiap padang anggota. Anggota tetap cukup kecil, sehingga orang-orang penting dapat berinteraksi secara langsung dengan semua yang lain, Jumlah anggotanya paling banyak 100 orang.
  3. Organisasi besar, setiap anggotanya tidak dapat berinteraksi langsung,tetapi sebagian besar dapat dikumpulkan dalam suatu tempat dalam suatu kurun waktu tertentu. Jumlahnya kurang lebih 5000 orang.
  4. Organisasi raksasa, organisasi yang memiliki anggota sangat banyak , sehingga tidak mungkin dapat dikumpulkan. Mereka menyebar dimana-mana sehingga tidak memungkinkan untuk mempunyai hubungan dengan semua orang.