Home » » Kebijakan ekonomi strategi untuk mencapai sasaran ekonomi

Kebijakan ekonomi strategi untuk mencapai sasaran ekonomi


Untuk dapat mencapai sasaran ekonomi kerakyatan, maka perlu dilakukan kebijakan ekonomi strategi sebagai berikut: 


  1. Meningkatkan produktivitas Nasional melalui investasi yang menjamin produksi sector riil dan perluasan kesempatan kerja.
  2. Memperluas kesempatan kerja produktif. Investasi terarah pada sasaran padat karya produktif, terutama sector pertanian dan industry kecil yang menyerap tenaga kerja lebih besar .
  3.  Menjaga dan mengendalikan perkembangan harga dan nilai tukar agar stabil, melalui kebijakan Fiskal (APBN) dan Moneter (Bank Sentrak, UU No. 23/1999, No 3/2004) 
  4. Menggalakkan komoditas ekspor nonmigas unggulan—yang memiliki unggulan daya saing-agar nilai ekspor lebih besar dari impor dan cadangan devisa bertambah, DSR (debt service ratio) dapat ditekan jauh dibawah 30% sehingga kemampuan membayar utang jatuh tempo bertambah besar.
  5. Menekan dan mengendalikan utang luar negeri agar tidak berlanjut dan menggalakkan tabungan dalam negeri untuk sumber pembiayaan pembangunan, sehingga tidak harus tergantung pada arus pinjaman luar negeri dan penanaman modal asing (PMA) .
  6. Menjadikan sector perbankan sebagai lembaga intermediasi yang prudent, sehat dan menaati rambu-rambu perbankan dan API (Arsitektur Perbankan Indonesia) dan mampu menggerakkan modal masyarakat untuk pembangunan.
  7. Menjaga proses pembangunan yang berkelanjutan yang didukung oleh kebijakan ramah lingkungan.