Home » » Grammar

Grammar

Michael Swan, seorang ahli bahasa, memiliki defenisi tentang Grammar, yaitu: "Grammar merupakan sekumpulan aturan yang menjelaskan bagaimana suatu kata digabungkan, dirangkai, ataupun diubah untuk menunjukkan berbagai jenis makna". Dan adapun pengertian Grammer secara umum yaitu himpunan dari aturan-aturan yang terstruktur yang mengatur susunan kalimat, frase, dan kata dalam bahasa apapun. Selamat membaca.

A. Defenisi Grammar

Bahasa adalah alat komunikasi  untuk menyampaikan pikiran, gagasan, konsep ataupun suatu perasaan yang terlintas dalam hati. semua bahasa didunia digunakan sebagai alat komunikasi, sebagai jembatan penghubung dalam kehidupan satu dengan yang lainnya, untuk saling memahami dan bekerja sama dalam segala aspek kehidupan. Begitu pula dengan bahasa ingris, bahasa yang bukan bahasa ibu kita. Bahasa inggris bukan hanya bahasa resmi negara inggris sendiri. Namun, bahasa inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan sebagai penghubung antara negara dalam menjalin kerja sama di segala aspek, seperti pendidikan, ekonomi, politik, dan budaya. Beberapa negara, seperti Filipina, Kanada, Afrika selatan, Negeria, Irlandia, dan singapura, menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari, selain bahasa resmi negara mereka sendiri. Bahasa inggris juga dijadikan bahasa pengantar dalam dunia pendidikan. Di Indonesia, bahasa inggris sudah diperkenalkan sejak di sekolah dasar bahkan  taman kanak-kanak tentunya melalui media dan metode yang sesuai dengan usai pembelajar itu sendiri. Bahkan, beberapa sekolah dan pondok pesantren modern menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pengantar pelajaran. Berbicara bahasa inggris berarti tidak bisa dipisahkan dengan tata bahasa yang digunakan dalam bahasa inggris itu sendiri, yang dikenal dengan Grammar. Pelajar ataupun mahasiswa tidak akan asing lagi dengan kata grammar yang sengat erat hubungannya dengan bahasa inggris. Leech et al, (1982) memiliki defenisi yang berbeda tentang grammar: "Grammar merupakan referensi suatu mekanisme menurut fungsi bahasa itu sendiri ketika dipergunakan untuk melakukan komunikasi dengan orang lain. Grammar ialah aturan yang menggabungkan kata, ataupun aturan dalam menggabungkan bunyi suatu arti/makna." Dari beberapa pengertian di atas, bisa kita ketahui bahwa ketika belajar bahasa apapun, tidak hanya bahasa inggris, mempelajari tatanan bahasa itu sendiri sangatlah penting. Apalagi jika kita ingin membentuk kemampuang writting. Grammar adalah materi yang harus dipelajari secara khusus. Pengucapan bahasa inggris dengan menggunakan tatanan bahasa yang baik memberikan kesan yang lebih untuk si pembicara. Bahasa ingris merupakan bahasa yang hampir seluruh dunia mempelajarinya sebagai bahasa penghubung antara negara. Sehingga, mempelajari grammar sangatlah membantu dalam komunikasi antarnegara.

B. Fungsi Grammar

Bahasa inggris bukanlah bahasa ibu yang kita ucapkan sejak lahir. Bahasa inggris adalah bahasa yang kita pelajari karena tuntutan pendidikan ataupun pekerjaan, sehingga grammar memiliki fungsi yang sangat penting. Dengan belajar grammar, kita akan memahami sistem dari bahasa itu sendiri. Tidak hanya memahami bagaimana bahasa itu bekerja, tetapi dengan mempelajari tata bahasa suatu bahasa, kita akan lebih percaya diri ketika menggunakannya dalam percakapan ataupun penulisan yang sangat menitikberatkan pada tata bahasa itu. Dengan memahami grammar, kita dapat membangun peta konseptual mengenai struktur bahasa inggris, sehingga bahasa inggris yang kita gunakan dalam penulisan ataupun pengucapan akan lebih terstruktur. Grammar mempelajari tentang penggunaan bahasa yang efektif untuk melatih ekspresi kita dalam berbicara dan menulis. Selain itu dengan menguasai grammar, kita akan mampu menilai bahwa penggunaan bahasa ingris yang tidak sesuai dengan standar bukan berarti tidak sistematis. Akan tetapi, dengan mempelajari standar dan aturan baku tata bahasa, kita dapat menngunakannya dengan lebih fleksibel untuk mengacu pada kondisi atau gagasan yang lebih tepat. Belajar grammar akan sangat bermanfaat bagi kita yang akan berbagai ujian bahasa inggris, seperti TOEFL, TOEIC, atau IELTS. Ujian ini sangat penting dalam karier dan pendidikan kita karena melalui ujian TOEFL, TOEIC, atau IELTS akan tergambar kemampuan bahasa inggris yang kita miliki.

C. Manfaat Belajar Grammar
Belajar grammar, dalam hal ini grammar dari bahasa ingris itu sendiri, memiliki segudang manfaat. Di era globalisasi sekarang ini, bahasa inggris sudah mendominasi di semua aspek. Sehingga besar di negara-negara asia menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa kedua setelah bahasa nasional mereka. Bahasa inggris merupakan alat komunikasi yang paling sering digunakan oleh dunia untuk berinteraksi. Bahkan lebih dari 100 negara menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pengantar. Manfaat belajar bahasa inggris meliputi grammar ataupun kemampuan lain seperti reading, wrtting, ataupun speaking adalah sebagai berukut.

1.Membuka jendela dunia, telah kita ketahui bahwa bahasa inggris digunakan lebih dari 100 negara, sehingga dengan memahami bahasa inggris dengan tatanan bahasa yang baik dan benar, kita akan dengan mudah memahami segala hal yang menggunakan bahasa inggris. kita akan dengan mudah menikmati bacaan sebuah bukuyang menggunakan bahasa inggris tanpa terjemahan. Kita dapat memahami alur cerita dari sebuah filem ataupun acara-acara seminar yang berbahasa inggris tanpa terhalang oleh kesulitan bahasa. Dengan demikian kita bisa membuak jendela dunia tanpa batas denngan bahasa itu sendiri.
2. Kemajuan karis, merupakan hal yang lumrah ketika suatu perusahaan melakukan tes bahasa inggris sebagai syarat penerimaan karyawan ataupun ketika ada tes untuk kenaikan tingkat. Materi TOEFL, yang meliputi, listening, structure, dan reading, menjadikan kemampuan yang harus dimiliki untuk bisa lolos ujian kenaikan jabatan pendidika. Dalam hal ini grammar, sangat dibutuhkan untuk meningkatkan pemahaman di soal-soal TOEFL, TOEIC, atau IELTS.
3. Memudahkan penggunaan teknologi, kini hampir setiap alat elektronik menggunakan bahasa inggris. Petunjuk di kemputer ataupun alat komunikasi bahkan alat rumah tanggapun menggunakan bahasa inggris. Ketika kita memahami bahasa inggris, maka dengan mudah kita bisa menggunakan dan menikmati teknologi yang ada.
4. Memiliki kesempatan kerja yang lebih luas, ketika seseorang memiliki kemampuan bahasa inggris yang baik, hal tersebut akan memudahkannya dalam pekerjaan. Mereka memiliki kesempatan kerja yang lebih luas dibandingkan mereka yang tidak bisa berbahasa inggris. Orang yang memiliki kemampuan bahasa inggris yang baik di butuhkan dibanyak instansi dan lembaga pendidikan. Mereka juga bisa membuaka tempat kursus karena, bahasa inggris sangat dibutuhkan, dari muali anak-anak samapai dewasa. Selain itu, peluang untuk bekerja atau kuliah di luar negeri menjadi lebih terbuka lebar untuk orang-orang yang menguasai bahasa inggris, yang meruapakn modal utama ketika akan melangkahkan kaki ke negara lain.

D. Tips Belajar Grammar
Jangan pernah ragu untuk mempelajari bahasa. Grammar bukanlah hal yang perlu ditakuti. Bukan pula materi yang seolah-olah akan menyita waktu kita untuk mempelajarinya. Beberapa tips berikut mungkin akan membantu untuk belajar grammar ataupun bahasa inggris, yaitu:
  1. Melalui dari materi yang sederhana
  2. Memiliki waktu khusus untuk belajar
  3. Menabung kosa kata
  4. Jadikan kamus sebagai teman
  5. Tulis kata atau kalimat yang baru
  6. Jangan pernah menyerah.
Grammar

semoga bermanfaat.