Home » » Hakikat dan makna lingkungan bagi manusia

Hakikat dan makna lingkungan bagi manusia

Hello gays pagi ini kami akan membahas artikel menngenai  ilmu sosial budaya dasar tepatnya yaitu Hakikat dan makna lingkungan bagi manusia, kalian pasti tau apa sih itu lingkungan?karena manusia diciptakan beradaptasi dengan lingkungan. karena itu saya mengambil Hakikat dan makna lingkungan bagi manusia agar sebagai manusia kita bisa lebih mengenal dan lebih beradaptasi lagi dengan lingkungan, sebab tampa lingkungan atau alam sekitar, maka manusia tidak memiliki tempat tinggal untuk bertahan hidup. selamat membaca pembahasan mengenai Hakikat dan makna lingkungan bagi manusia.

Hakikat dan makna lingkungan bagi manusia

      Manusia merupakan makhluk yang cepat beradaptasi dengan lingkungan. Adaptasi ini sangat diperlukan supaya manusia bisa bertahan hidup dari seleksi alam. Oleh sebab itu, makna lingkungan sebagai tempat tinggal manusia juga sebagai teman hidup manusia. Tuhan menciptakan segalanya termasuk lingkungan, hanya untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia, dan tugas manusia hanyalah menjaga dan melestarikan lingkungan agar tidak berdampak pada perusakan lingkungan. Jika lingkungan rusak dan punah, manusia pun akan mengalami kepunahan. Dalam ilmu biologi, lingkungan adalah kombinasi antara keadaan fisik yang terikat dengan kondisi sumber daya alam, seperti; tanah, air, energi surya, mineral, serta flora serta fauna yang juga tumbuh diatas tanah maupun di dalam lautan, dengan kelembagaan yang meliputi ciptaan manusia seperti tindakan bagaimana menjaga lingkungan fisik tersebut. Lingkungan menurut ilmu biologi ini terdiri dari komponen abiotik dan biotik. Komponen abiotik adalah segala yang tidak bernyawa seperti; tanah, udara, air, iklim kelembaban, cahaya, bunyi,. Sedangkan Komponen biotik adalah segalah sesuatu yang bernyawa, seperti; tumbuhan, hewan, manusia, dan mikro-organisme (virus dan bakteri).
          Sementara itu jika dikaitkan dengan ilmu sosial kemasyarakatan dan hubungannya bersama manusia, lingkungnan juga dikatakan suatu media dimana makhluk hidup tinggal, mencari, dan memiliki ciri serta fungsi yang khas dan terikat secara timbal balik dengan keberadaan makhluk hidup yang menempatinya, terutama bagi manusia yang memiliki peran yang lebih kompleks dan rill. Lingkungan dapat berbentuk lingkungan fisik dan non fisik. Lingkungan alam dan lingkungan buatan adalah lingkungan fisik. Lingkungan alam adalah keadaan yang diciptakan oleh Tuhan untuk manusia, seperti; air, tanah, pohon, udara, sungai, dan lain sebagainya. Sementara lingkungan buatan adalah lingkungan yang dibuat oleh manusia, seperti; jembatan, jalan, bangunan rumah, dan lain sebagainya. Selain itu terdapat pula lingkungan alam, tetapi sudah merupakan hasil peradaban manusia (diolah dan dimanfaatkan manusia), seperti persawahan yang berundak-undak, pegunungan di california yang dipahat menjadi tokoh presiden dan lain-lainnya.
Gambar
Lingkungan Hasil Olahan Manusia


Sementara itu lingkungan non fisik adalah lingkungan sosial budaya dimana manusia tinggal. Lingkungan sosial adalah wilayah tempat berlangsungnya berbagai kegiatan, yaitu interaksi sosial antara berbagai kelompok beserta pranatanya dengan simbol dan nilai, serta terkait dengan ekosistem dan tata ruang. Lingkungan sangat penting bagi manusia, arti penting bagi manusia anatar lain sebagai berikut:
  1. lingkungan merupakan tempat hidup manusia untuk hidup, tinggal menetap, hingga berkembang biak.
  2. lingkungan memberi sumber-sumber penghidupan manusia, seperti tanah yang subur yang dapat ditanami dengan berbagai macam tanaman yang menjadi penopang keberhasilan hidup manusia (padi,kopi,teh, dan lain-lain) dan lingkungan perairan yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan tambak ikan dan lain-lain.
  3. lingkungan memengaruhi sifat, karakter, dan perilaku manusia yang mendiaminya. Manusia yang hidup dilingkungan pegunungan umumnya bersuara lembut dan memiliki sifat yang lembut pula. sementara manusia yang hidup di lingkungan dekat pantai umumnya bersuara keras (akibat pengaruh kerasnya suara debuaran ombak) dan memiliki sifat yang keras pula.
  4. lingkungan memberi tantangan bagi kemajuan peradaban manusia, karena kondisi lingkungan dapat membuat manusia berpikir bagaimana cara mengolahnya dengan menggunakan akal budinya sehingga manusia akan mampu menciptakan dan mengkreasi.
  5. manusia memperbaiki, mengubah, bahkan menciptakan lingkungan untuk kebutuhan dan kebahagiaan hidup 
Dunia bahkan menetapkan adanya hari lingkungan hidup sedunia setiap tanggal 5 juni agar lingkungan tetap bisa dijaga kelestariannya.

Dan itulah pembahasan dari artikel pagi ini yang membahas Hakikat dan makna lingkungan bagi manusia, semoaga pembahasan kali ini mengenai Hakikat dan makna lingkungan bagi manusia, dapat bermanfaat bagi para pembaca.